RPP SD IPS menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Pemecahan masalah
(RPP) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SDN
Kelas/Semester : IV/II
Mata pelajaran : IPS
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit (2xPertemuan)
Standar Kompetensi :
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Kompetensi Dasar :
2.4 Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan.
Indikator :
1. Menyebutkan macam-macam aktivitas ekonomi di lingkungan setempat.
2. Menjelaskan jenis-jenis dari aktivitas ekonomi.
3. Membuat daftar hasil dan daerah penghasilnya dari aktivitas ekonomi.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1. Melalui media gambar, siswa menyebutkan 3 aktivitas ekonomi di lingkungan setempat.
2. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan).
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat membuat daftar hasil dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan)..
4. Melalui media peta pesebaran hasil dari aktivitas ekonomi, siswa dapat menemutunjukkan daerah hasil dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan).
Pertemuan II
1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 2 aktivitas ekonomi di lingkungan setempat.
2. Melalui media gambar siswa dapat menyebutkan macam-macam perkebunan.
3. Melalui media peta pesebaran hasil dari aktivitas ekonomi, siswa dapat menemutunjukkan daerah hasil dari perkebunan.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis hutan berdasarkan fungsi, jenis pohonnya, dan iklim dan cuaca.
5. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat Menjelaskan fungsi dari hutan.
6. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan beberapa usaha untuk menjaga kelestarian hutan.
Pertemuan III
1. Melalui media gambar, siswa menyebutkan 2 aktivitas ekonomi di lingkungan setempat.
2. Melalui Tanya jawab, siswa dapat menjelaskan 2 jenis perdagangan.
3. Melalui Tanya jawab, siswa dapat menjelaskan kegiatan perdagangan dipengaruhi oleh beberapa faktor.
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis dari aktivitas ekonomi (perdagangan dan industri).
5. Melalui media peta pesebaran hasil dari aktivitas ekonomi, siswa dapat menemutunjukkan daerah hasil dari aktivitas ekonomi (perdagangan dan industri).
A. Materi Pokok
Aktivitas Ekonomi dan Potensi Sumber Daya ALam
1. Pertanian 5. Perdagangan
2. Perternakan 6. Kehutanan
3. Perikanana. 7. Industri
4. Perkebunan
B. Pendekatan Pembelajaran
a. Kontekstual
b. Pemecahan masalah
C. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Pengamatan
d. Diskusi kelompok
e. Penugasan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I (3x35 menit)
Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru mengkondisikan kelas, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, ruang kelas dan media yang akan digunakan
2. - Guru menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa dengan materi yang akan diajarkan
- Guru menanyakan kepada siswa Coba siapa yang tau sebagian besar masyarakat Indonesia bekerja di bidang apa?
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (40 menit)
1. Guru menjelaskan materi tentang aktivitas ekonomi dan potensi sumber daya alam dengan menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
2. Secara bergantian ke depan kelas menunjukkan aktivitas ekonomi menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
3. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan 1 orang menjadi ketua kelompoknya.
4. Siswa diberikan LKS
5. Siswa menyimak guru yang membacakan petunjuk penggunaan LKS
6. Dengan bimbungan guru siswa melakukan diskusi tentang jenis-jenis dari aktivitas ekonomi, membuat daftar hasil dari aktivitas ekonomi (perdagangan dan industri).
7. Setelah selesai, masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
8. Memelalui Tanya jawab, siswa dapat menemutunjukkan daerah hasil dari aktivitas ekonomi pertanian, perternakan, perikanan).
9. Guru memberikan motivasi berupa penguatan.
10. Kelompok lain menanggapi.
Kegiatan Penutup (20 menit)
1. Kesimpulan
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Evaluasi
Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan guru
3. Tindak lanjut membaca materi selanjutnya di rumah.
Pertemuan II
Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru mengkondisikan kelas, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, ruang kelas dan media yang akan digunakan
2. - Guru menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa dengan materi yang akan diajarkan
- Guru menanyakan kepada siswa materi sebelumya?, guru memotivasi siswa untuk belajar dengan menyanyikan lagu yang berjudul “ibu pertiwi’.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti (40 menit)
1. Guru menjelaskan materi tentang aktivitas ekonomi dan potensi sumber daya alam dengan menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
2. Tanya jawab dengan siswa mengenai macam-macam aktivitas ekonomi.
3. Beberapa siswa diminta maju untuk mencocokkan kartu nama dengan media gambar tentang macam-macam perkebunan.
4. Beberapa siswa diminta maju untuk menemujunkkan daerah hasil dari perkebunan pada peta daerah persebaran potensi sumber daya alam.
5. Guru memberikan motivasi berupa penguatan.
6. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan 1 orang menjadi ketua kelompoknya.
7. Siswa diberikan LKS
8. Siswa menyimak guru yang membacakan petunjuk penggunaan LKS
9. Dengan bimbungan guru siswa melakukan diskusi tentang jenis-jenis hutan berdasarkan fungsi, jenis pohonnya, dan iklim dan cuaca, fungsi dari hutan.
10. Setelah selesai, masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
11. Kelompok lain menanggapi.
12. Tanya jawab dengan siswa mengenai apa saja usah untuk menjaga kelestarian hutan.
13. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti.
Kegiatan Penutup (20 menit)
1. Kesimpulan
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Evaluasi
Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan guru
3. Tindak lanjut membaca materi selanjutnya di rumah.
Pertemuan III
Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru mengkondisikan kelas, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, ruang kelas dan media yang akan digunakan
2. - Guru menghubungkan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa dengan materi yang akan diajarkan
- Guru menanyakan kepada siswa materi sebelumya?
Kegiatan Inti (40 menit)
1. Guru menjelaskan materi tentang aktivitas ekonomi dan potensi sumber daya alam dengan menggunakan media gambar aktivitas ekonomi.
2. Tanya jawab dengan siswa mengenai 2 jenis perdagangan dan kegiatan perdagangan dipengaruhi oleh beberapa faktor.
3. Beberapa siswa merespon pertanyaan yang diajukan oleh guru.
4. Siswa mendapat penguatan dari guru.
5. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok setiap kelompok terdiri dari 5 orang dan 1 orang menjadi ketua kelompoknya.
6. Siswa diberikan LKS
7. Siswa menyimak guru yang membacakan petunjuk penggunaan LKS
8. Dengan bimbungan guru siswa melakukan diskusi Jenis-jenis dari aktivitas ekonomi, contohnya beserta daerah yang menghasilkan aktivitas ekonomi tersebut.
9. Setelah selesai, masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas.
10. Kelompok lain menanggapi.
11. siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti.
Kegiatan Penutup (20 menit)
1. Kesimpulan
Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Evaluasi
Siswa mengerjakan soal-soal yang diberikan guru
E. Media Pembelajaran dan Sumber
1. Media/alat pembelajaran
a. Media gambar tentang aktivitas ekonomi
b. Peta pesebaran potensi sumber daya alam.
2. Sumber Belajar
a. Silabus KTSP 2009
b. Kurnia, Asep. P. 2007. Ilmu Pengetahuan Sosial terpadu IV. Jakarta: CV Regina. Hal: 99-106.
c. Asy’ari, dkk. 2006. Ilmu Pengetahuan Sosial IV. Jakarta: Erlangga. Hal: 117-121.
F. Penilaian
1. Penilaian Proses
Aktivitas siswa dalam melaksanakan diskusi kelompok
2. Penilaian hasil Belajar
- Penilaian hasil pekerjaan siswa yang berupa LKS
- Evaluasi individu siswa
LAMPIRAN PROGRAM PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
Lembar Kerja Siswa
Jenis : Diskusi Kelompok
Objek Kajian : Jenis-jenis dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan).
Petunjuk Umum :
1. Bacalah petunjuk dengan baik
2. Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang ada dalam LKS
3. Buatlah kesimpulan sesuai dengan petunjuk LKS
Petunjuk Lhusus (Petunjuk Kerja)
1. Bacalah buku IPS kelas IV
2. Tulislah dengan baik hasil pekerjaan kelompok kalian dengan menggunakan lembar LKS ysng telah dibagikan
3. Setiap kelompok melakukan diskusi untuk menyelesaikan LKS
LEMBAR KERJA SISWA 02
Hari/Tanggal :
Kelas/Semester :
Nama Kelompok :
Nama Ketua Kelompok :
Nama Anggota Kelompok : 1.
2.
3.
4.
5.
A. Tulislah Dengan singkat jenis-jenis dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan) di bawah ini!
No | Pertanian | Perternakan | Perikanan |
1 | |||
2 | |||
3 | |||
4 | |||
5 |
B. Tulislah Dengan daftar hasil dari aktivitas ekonomi (pertanian, perternakan, perikanan) di bawah ini!
pada kolom di bawah ini!
No | Pertanian | Perternakan | Perikanan |
1 | |||
2 | |||
3 | |||
4 | |||
5 |
Evaluasi 02
Jawablah soal-soal di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan masing-masing jenis-jenis dari aktivitas pertanian, perkebunana, dan perikananan.!
2. Sebutkan 5 masing-masing hasil dari aktivitas ekonomi pertanian, perternakan, dan perikanana!
3. Perhatikan peta hasil potensi sumber daya alam di bawah ini, kemudian sebutkn 5 hasil dan daerah penghasil dari aktivitas ekonomi?!
Kunci Jawaban Evaluasi 01
1. Sebutkan masing-masing jenis-jenis dari aktivitas pertanian, perkebunana, dan perikananan.!
2. Sebutkan 5 masing-masing hasil dari aktivitas ekonomi pertanian, perternakan, dan perikanana!
3. Perhatikan peta hasil potensi sumber daya alam di bawah ini, kemudian sebutkn 5 hasil dan daerah penghasil dari aktivitas ekonomi?!
Penilaian :
Soal nomor 1 dan 2 skornya 6, dan soal nomor 3 skornya 4
Nilai akhir=jumlah skor yang benar=10
Evaluasi 01
1. Jelaskan pengertian koperasi!
2. Sebutkan 3 macam ciri-ciri koperasi!
3. Sebutkan 2 jenis koperasi berserta tujuannya!
4. Apakah tujuan koperasi?
5. Apakah yang dimaksud dengan koperasi simpan pinjam?
Kunci jawaban evaluasi 01
1. Koperasi merupakan perkumpulan orang-orang yang menghmpun diri secara sukarela dan bekerjasama untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka.
2. Ciri-ciri koperasi :
- Koperasi merupakan kumpulan orang-orang dan bukan merupakan kumpulan modal
- Koperasi mengabdikan pada perikemanusiaan dan bukan pada kebudayaan
- Kegiatan koperasi didasarkan pada kesadaran anggota
3. Koperasi konsumsi, tujuannya mencukupi kebutuhan sehari-hari dan koperasi jasa, tujuannya mempermudah sarana jasa yang diusahakannya agar tariff relative murah dan dapat besaing
4. Memperkokoh perekonomian rakyat dan mendukung secara aktif peningkatan kualitas hidup masyarakat.
5. Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bergerak dalam bidang simpan pinjam dengan beban bunga atau jasa yang serendah-rendahnya.
Penilaian :
Setiap soal yang benar diberi nilai 2
Nilai akhir = Jumlah soal yang benar x 2
LAMPIRAN PROGRAM PEMBELAJARAN
PERTEMUAN II
Lembar Kerja Siswa
Jenis : Diskusi Kelompok
Objek Kajian : Perbandingan koperasi dengan usaha lain
Petunjuk Umum :
1. Bacalah petunjuk dengan baik
2. Kerjakan sesuai dengan petunjuk yang ada dalam LKS
3. Buatlah kesimpulan sesuai dengan petunjuk LKS
Petunjuk Lhusus (Petunjuk Kerja)
1. Bacalah buku IPS keas IV
2. Tulislah dengan baik hasil pekerjaan kelompok kalian dengan menggunakan lembar LKS yang telah dibagikan
3. Setiap kelompok melakukan diskusi untuk menyelesaikan LKS
0 komentar:
Posting Komentar